Monday, August 17, 2015

REVIEW: NGOPI DI BOGOR

Sebagai seorang yang mengaku menggemari kopi, saya mau ceritain empat tempat minum kopi di Bogor yang sudah saya jajal.

1. Rumah Kopi Ranin


















Rumah Kopi Ranin ada di Jalan Ahmad Sobana No. 22 A (orang-orang bilangnya Bangbarung atau Bantarjati). Waktu itu mampir kesini bukan karena sengaja mau nongkrong, tapi lagi pengeen banget ice coffee vietnam. Sebenernya kan di rumah punya drip, tapi ngga ada es batu, jadilah mampir aja kesini. Harganya kalo ngga salah 20 ribu rupiah. Lumayan mak jleb ya harganya, secara bisa aja bikin sendiri di rumah :D
Dekorasi cafenya sendiri didesain vintage, meja dari bekas mesin jahit, bangku-bangku bekas yang ngga seragam, yang sayangnya agak terlalu berantakan dan banyak berdebu. Waktu itu saya duduk di lantai dua, dekat music player. Sepi ngga ada pengunjung lain, dan saya bebas gede-kecilin volume musik di ruangan itu sampe pas sama kuping saya hehehe. 
Kalo yang mau serius ngopi, di sini bisa juga sih. Karena tersedia variant kopi yang lumayan banyak originnya. Juga sempet baca, ada sesi cupping (icip-icip kopi pake gelas kecil-kecil buat tau bedanya rasa/aroma kopi yang satu dari kopi yang lain).


2. Daily Dose Coffee and Eatery























Terletak di Jln. Pandu Raya No. 141 A (naik angkot 05 dari jalan Pajajaran, atau, ya pake Google Map aja deh). Kayak di fotonya, Daily Dose Coffee and Eatery ini rapi deh interiornya. Bisa ngopi-ngopi cantik, trus foto-foto, trus upload di instagram, trus berasa anak gaul Bogor. Heheh.
Di tempat inilah saya jatuh cinta pada pandangan pertama caramel macchiato. Walaupun kopinya dominan rasa asam, yang berarti mereka menggunakan arabika, dan saya kurang suka kopi arabika, caramel macchiato yang saya icip waktu enak banget. Lebih enak dari macchiato-nya starbucks atau coffee bean.
Partner ngopi saya milih yang simpel aja yaitu Americano, black and bold. Saya seruput dikit, rasanya aseem. Ngga suka. Churrosnya lumayan recomended. Crunchy dan enak banget dicocol pake es krim vanila. Menu makanan lain, silahkan datang dan coba sendiri :)

3. Imah Nini




































Terletak di Jl. Bangbarung Raya No. 6 C, sebelahan sama pet shop. Waktu itu main kesini karena sengaja mau berlama-lama dengan berbekal laptop dan harapan akan wifi yang kenceng.
Suasana di Imah Nini mirip-mirip sama di Rumah Kopi Ranin. Barang-barangnya vintage dan antik. Tapi, di sini lebih rapi, tertata, dan bersih. Berasa lagi di rumah nenek yang rajin beres-beres, dan takut aja disuruh cuci piring udahnya nanti heuu --'. 
Waktu kesana, saya pengen mesen macchiato lagi, maksudnya pengen ngebandingin dan sapa tau mengulang peristiwa jatuh cinta lagi. Eh, tapi yang tersedia disini macchiato single shot, pake gelas kecil, seteguk juga abis (haha gaya banged, padahal belom tentu sanggup nenggak espresso). Jadilah saya nyoba capuccino. Janganlah berharap saya minum sesuatu yang blend-blend pake es, sayang kalo ke cafe minumnya blend-blend gitu, mending hop-hop aja itu mah.
Capuccinonya oke, layak, dan waktu itu bonus sepotong brownies yang pas banget buat nemenin ngopi. Karena di situ lama, siangnya saya pesen sesuatu yang lupa apa namanya tapi mirip-mirip fish and chips. Sayangnya ikannya dibumbui pedas, dan saya ngga terlalu suka pedas.

4. Ozaizy Cafe and Resto


















Terletak di Jln. Ahmad Yani No. 50 (GOR Pajajaran/Tanah Sareal), berdampingan dengan Restoran Tier Sierra. Interiornya cantik, rapi, dan bagus banget buat poto-poto. Banyak gambar menara eiffel, mungkin obsesi dari pemiliknya ho..
Di sini saya minum Iced Capuccino, karena di luar siang panaaas, dan Capuccinonya enak. Rasanya bitter, lovely bitter. Buat temen si Capuccino ini saya pilih toast with butter and kaya. Rotinya crunch, Kayanya terasa, tapi butternya masih dingin, atau seharusnya rotinya yang hangat, ah, tapi saya ngga keberatan karena rasanya enak.
Siangan dikit, saya pesan Lychee Caramel (whats wrong with me and caramel?) yang adalah sirup leci, tambah sirup karamel, tambah air, tambah es, tambah dua biji leci kalengan. Seger dan light, ngga terlalu manis, ngga terlalu asam. Minum ini ditemani cheese french fries, yang adalah kentang goreng disusun di ramekin terus tambah keju mozarella terus di panggang sampe kejunya lumer. Enaak. Potato and cheese, what could go wrong?


Demikian saya pamer mereview kopi-kopi dan tempat-tempat ngopi di Bogor. Sebenernya ngopi apapun dan dimanapun itu ngga penting, yang penting siapa temen ngopinya :)

No comments:

Post a Comment